Kajian Chapter Buku D oleh Dwi Arfian PTI 2022
Identitas mahasiswa:
Kajian Chapter Buku D
A. Hal yang Sudah Baik pada Bab 4
1. Pengenalan Model Pengembangan
Bab 4 memberikan pemahaman yang baik tentang berbagai model pengembangan yang digunakan dalam pembuatan MPI. Ini memberikan kerangka kerja yang berguna bagi pembaca untuk memahami bagaimana proses pengembangan berlangsung.
2. Model APPED
Model APPED dijelaskan dengan cukup rinci, termasuk langkah-langkahnya seperti Analisis dan Penelitian Awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, dan Diseminasi. Ini memberikan panduan yang konkret untuk proses pengembangan MPI.
B. Hal yang Masih Kurang pada Bab 4
1. Perbandingan Model
Bab ini bisa lebih kuat dengan menyediakan perbandingan antara model-model yang dijelaskan. Pembaca akan mendapatkan manfaat yang lebih besar jika mereka tahu kapan model tertentu lebih sesuai daripada yang lain, atau jika ada situasi tertentu yang memerlukan modifikasi pada model-model tersebut.
2. Teknologi dan Alat
Selain model pengembangan, tidak ada diskusi tentang teknologi atau alat yang digunakan dalam pengembangan MPI. Informasi tentang perangkat lunak authoring tools, perangkat keras, atau platform yang mungkin digunakan dalam pengembangan MPI akan sangat berguna.
C. Apa yang Masih Belum Ada dalam Buku Tetapi Seharusnya Ada
1. Contoh Praktis
Bab ini bisa diperkaya dengan contoh-contoh praktis atau studi kasus tentang pengembangan MPI berdasarkan model-model yang dijelaskan. Ini akan membantu pembaca memahami bagaimana model-model tersebut dapat diaplikasikan dalam situasi nyata.
2. Tantangan dan Solusi
Diskusi tentang tantangan umum yang sering dihadapi dalam pengembangan MPI dan bagaimana cara mengatasinya dapat menambah nilai pada bab ini. Misalnya, kendala dalam pengumpulan materi, masalah dalam produksi video, atau hambatan dalam uji coba di lapangan.
Daftar Pustaka:
Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan (Edisi Pertama). Yogyakarta: UNY Press.
Komentar
Posting Komentar